Site Loader

Korea Selatan telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi traveler Indonesia. Bagi para traveler beragama Islam yang ingin jalan-jalan ke Korea Selatan, kalian tidak perlu khawatir untuk mencari tempat yang nyaman untuk beribadah di sana. Terdapat beberapa Masjid dan Pusat Islam di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi. Yuk simak ulasan berikut!

1. Masjid Pusat Seoul

Berlokasi di pusat kota Seoul di Itaewon, Seoul Central Mosque merupakan masjid pertama di Korea Selatan sejak tahun 1976. Rata-rata umat muslim yang beribadat Jum’atan di masjid ini berkisar 400-500 orang, namun terkadang bisa mencapai 800 orang. Umumnya umat muslim yang mengunjungi masjid ini merupakan ekspatriat dari negara-negara muslim, seperti Pakistan, Bangladesh dan Indonesia. Masjid Pusat Seoul merupakan satu-satunya yang terdapat di area ibukota Seoul, sehingga area di sekitar masjid ini juga berkembang menjadi pusat komunitas budaya muslim, termasuk beberapa area komersial yang menyediakan kuliner timur tengah dan makanan halal lainnya. Selain itu, masjid ini juga menjadi lokasi kantor Federasi Muslim Korea.

Seoul Central Mosque, Itaewon
(Source: idntimes.com)

2. Masjid Busan

Masjid Busan, yang juga bernama Masjid Al-Fatah, selesai dibangun pada tahun 1980 dengan menggunakan bantuan donasi dari negara Libya. Masjid kedua yang didirikan di Korea Selatan ini juga menyediakan layanan perpustakaan serta kelas-kelas mengenai pengetahuan ilmu agama Islam bagi pengunjungnya.

Busan Al-Fatah Mosque
(Source: wikimedia.org)

3. Masjid Gwangju

Masjid Gwangju merupakan Masjid ketiga di Korea yang selesai dibangun pada tahun 1981. Masjid ini sering dikunjungi oleh pendatang muslim dari Mesir, Bangladesh dan India. Sebagai pusat dakwah di Gwangju, masjid ini dikelola oleh Federasi Muslim Korea.

Umar Bin Khattab Mosque, Gwangju
(Source: kontraktorkubahmasjid.com)

4. Masjid Jeonju

Masjid Jeonju dibangun pada tahun 1985 oleh Dr. Abdul Wahab Zahid yang dahulu merupakan imam besar Korea Selatan dan diberi nama Masjid Abu Bakar Al Siddiq. Masjid ke empat di Korea ini merupakan representasi perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Korea yang terlihat dari gaya arsitekturnya yang memiliki unsur dari kedua budaya tersebut.

Jeolla-do Mosque, Jeonju
(Source: says.com)

5. Pusat Islam Daejeon

Islamic Center of Daejeon merupakan pusat Islam di kota Daejeon yang menjadi tempat berkumpul dan beribadat bagi umat Muslim di kota tersebut. Dibangun pada tahun 2006, pusat Islam ini memiliki fasilitas masjid, tempat tinggal imam dan pasar swalayan yang menjual makanan halal. Pusat Islam ini bisa menampung lebih dari 300 orang pengunjung, khususnya pada saat perayaan Idul Fitri. Disini juga tersedia layanan sekolah ilmu pengetahuan Islam bagi anak-anak muslim, serta layanan seminar mengenai ajaran Islam yang dilakukan setiap minggu.

Islamic Center of Daejeon
(Source: flickr.com)

Christiaan Rudolph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories