Site Loader

Bagi yang suka traveling ke negeri-negeri Eropa, Belanda mungkin salah satu destinasi favorit perjalanan kalian. Negeri kincir angin dan tulip ini menawarkan sejuta pesona dari alam, kota, dan sejarahnya. Kalian mungkin sudah sering mengunjungi atau mendengar kota-kota favorit turis seperti Amsterdam, Rotterdam, Giethoorn, Gouda, dan lainnya. Nah, kali ini kami mau berbagi cerita mengenai kota-kota kecil yang bisa menjadi pilihan dalam menentukan tujuan traveling kalian selama di Belanda.

1. Delft

Delft merupakan salah satu kota yang memilki daya tarik menarik bagi wisatawan. Kota ini terkenal dengan Universitas tekniknya yaitu TU Delft, sehingga Delft memberikan ambience kota mahasiswa bagi pengunjungnya. Kota ini menawarkan keindahan kanal yang tidak kalah menarik dibandingkan kanal-kanal di Amsterdam.

Salah satu pemandangan kanal di Delft dengan latar Oude Kerk Delft.
(Sumber: nlwandel.nl)

Cakupan kanal yang tidak seluas Amsterdam memudahkan wisatawan menikmati kanal di kota ini secara menyeluruh. Suasana kota yang terasa seperti di abad pertengahan juga menjadi nilai tambah pesona kota ini dengan bangunan-bangunan seperti Grote Kerk (Great Church) yang terkenal karena menaranya sedikit miring, dan alun-alun kota atau city centre square yang diwarnai oleh Oude Stadhuis (Old Townhall) beserta Nieuwe Kerk (New Church) dengan menara loncengnya yang menjulang tinggi.

Pemandangan city center square di Delft dengan latar menara Nieuwe Kerk Delft

2. Valkenburg aan de Geul

Kota yang terletak di provinsi Limburg (provinsi paling selatan di Belanda), ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal Belanda. Kota ini terkenal sebagai destinasi wisata penduduk Belanda saat musim panas.

Pemandangan salah satu kanal di city center Valkenburg aan De Geul
(Sumber: valkenburg.nl)

Area yang berbukit serta beberapa reruntuhan kastil menjadi salah satu daya tarik yang menarik untuk dikunjungi. Suasana kotanya juga menawarkan ambience yang terasa seperti di Belgia dengan banyaknya kafe-kafe di sepanjang wilayah pusat kota dan masih terdapatnya tower gate dan water mill yang tersisa dari abad pertengahan.

Salah satu sudut reruntuhan kastil di Valkenburg.
(Sumber: Holland.com)

Pada saat periode Natal kalian dapat mengunjungi Christmas Market di dalam gua buatan yang tersebar dibeberapa titik di Valkenburg.

3. Hoorn

Hoorn adalah salah satu kota yang wajib dikunjungi bagi penikmat wisata sejarah terutama sejarah yang berkaitan dengan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Dulunya, kota ini merupakan salah satu dari beberapa kota yang menjadi pelabuhan utama bagi VOC sehingga kota ini pada masanya sangat berkembang dan makmur akibat dari aktivitas perdagangan.

Salah satu sudut pelabuhan tua di Hoorn dengan Hoofdtoren
(Sumber: vvvhartvannoordholland.nl)

Sisa-sisa kejayaan VOC di masa lampau dapat dinikmati di kota ini, mulai dari area pelabuhan tua, restauran Oude Waegh (restaurant di bangunan historis di tengah city square) hingga Hoofdtoren (Main Tower) yang masih terawat sampai saat ini.

City center’s square di Hoorn.
( Sumber: shermanscruise.com)

Bagi penggemar kereta tua, kalian juga bisa mengunjungi museum kereta uap (Museum Hoorn-Medemblik) dan menikmati perjalanan singkat dengan kereta uap.

4. Enkhuizen

Sama dengan Hoorn, kota ini dahulunya juga merupakan salah satu kota pelabuhan penting di masa keemasan VOC. Kota ini menawarkan pelabuhan tua yang memiliki nilai sejarah hingga Drommedaris yang merupakan menara pertahanan dari abad ke 16.

Pemandangan sudut kota Enkhuizen dengan Drommedaris
(Sumber: dreamstime.com)

Salah satu daya tarik utama dari kota ini adalah Zuiderzeemuseum (Museum of Southern Sea) dengan konsep outdoor museum yang menawarkan pesona desa nelayan khas Belanda. Di dalam museum ini kalian dapat merasakan berada serta mengetahui aktivitas dari kehidupan desa nelayan Belanda pada abda ke 16. Kalian dapat menjelajahi bangunan-bangunan yang picturesque di dalam area museum ini sambil menikmati pemandangan pelabuhan yang indah.

Suasana desa khas Enkhuizen di outdoor museum, ZUiderzeemuseum.

5. Thorn

Kota kecil di Provinsi Limburg ini juga memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Belanda. Thorn terkenal dengan nama “white village” karena banyaknya rumah-rumah bata berwarna putih.

Cafe-cafe di pusat kota Thorn yang berwarna putih
(Sumber: Holland.com)

Rumah-rumah ini berwarna putih dikarenakan pada masa lampau Thoorn berada di wilayah Prancis. Pada saat itu, pemerintah Prancis memberikan pajak yang tinggi sehingga banyak penduduk yang mencat putih rumahnya sebagai bentuk penghematan. Selain itu mereka juga merubah bentuk jendela rumahnya dikarenakan pajak disesuaikan dengan ukuran dan bentuk jendela.

Salah satu sudut jalan dan “rumah putih” di Thorn
(Sumber: theculturetrip.com)

Hal menarik lainnya dari kota Thoorn adalah terdapat bangunan bekas monastery wanita yang menarik untuk menjadi tujuan wisata.

Tertarik untuk mengunjungi kota-kota kecil di Belanda ini? Jangan lupa untuk menghubungi Buddykami untuk menemani perjalanan kalian yaa, di travelbuddy.id.

Afif Kindri Bahar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories