Site Loader

Memasuki bulan Desember, salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi penduduk Eropa adalah Christmas market. Pasar ini sebenarnya lebih menyerupai festival yang mejadi tradisi untuk merayakan Natal dan diadakan sejak awal bulan Desember hingga menjelang hari raya Natal. Tradisi Christmas market sudah berlangsung sejak abad pertengahan. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan dari Christmas Market, misalnya berbagai food stall yang menyajikan kuliner khas musim dingin, pernak-pernik buah tangan khas natal, hingga beberapa wahana bermain untuk anak-anak.

Berikut adalah 5 Christmas Market terbaik di Eropa versi Travelbuddy:

5. Prague, Czech Republic

Sumber: groupon.co.uk

Kota Prague terkenal suasana pusat kota tuanya yang indah serta area kastilnya yang memberikan atmosfir medieval. Namun, Prague akan menjadi lebih indah lagi ketika dihiasi oleh berbagai dekorasi khas Christmas Market. Di tengah pusat kota tua Prague akan terdapat sebuah pohon natal besar yang menambah semarak suasana natal. Kalian juga dapat mencicipi berbagai makanan tradisional khas natal seperti trdelnik (kue yang terbuat dari adonan tepung yang dililit di sebuah tongkat kemudian di panggang dan ditaburi gula dan walnut), medovina (minuman berakohol yang berbahan dasar dari fermentasi madu), dan klobasa (sosis khas dari Polandia). 

4. Vienna, Austria

Sumber: wien.info

Christmas market di Vienna merupakan Christmas market terbesar di Austria dan merupakan salah satu yang tertua di Eropa. Keberadaan pasar ini dapat ditelusuri di tahun 1298 ketika Albrecht I memberikan hak khusus bagi kota Vienna untuk mengadakan December market atau Kripperlmarkt (crib market yang menjual berbagai pernak pernik hiasan berbahan kayu). Saat ini Christmas Market bisa ditemukan di beberapa sudut kota Vienna, namun kamu bisa mengunjungi salah satu yang terbaik yang berlokasi di Rathaus (Balai Kota) Vienna. Christmas market di Rathaus Vienna menyajikan event yang sangat menarik, yaitu Viennese Dream Christmas Market. Suasana di Rathaus Vienna didesain menjadi seperti dari negeri dongeng. Selain itu, kami juga merekomendasikan Christmas Market di area Karlsplatz dimana terdapat berbagai kerajinan tangan, kain tenun, dan berbagai makanan organik.

3. Budapest, Hungary

Sumber: budapestchristmas.com

Christmas market terbesar di kota Budapest terletak di area Basilica Szent Istvan (St Stephen). Terdapat banyak sekali kios yang menjual berbagai macam makanan dan pernak-pernik bertemakan Natal, serta atraksi bagi anak-anak seperti ice skating. Kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di Christmas market Budapest seperti flodni (kue tradisional Hungarian Jewish yang terbuat dari lima lapis adonan yang berbeda dan empat isian apel, walnut, selai plum, dan poppy seed), goulash soup (sup daging yang menjadi makanan khas Hungary), hingga mulled wine (wine yang dicampur dengan rempah-rempah dan disajikan saat panas atau hangat) yang bisa disajikan dengan alkohol ataupun tanpa alkohol.

2. Talinn, Estonia

Sumber: flyaway.com

Christmas market di Tallinn, Estonia, merupakan salah satu event yang wajib kalian kunjungi di Eropa. Suasana kota tua di Talinn menjelang perayaan Natal dipenuhi oleh berbagai pernak-pernik dan hiasan natal yang indah. Daya tarik dari Christmas Market di Tallinn adalah suasana Natal yang hampir selalu diwarnai dengan turnnya salju sehingga memberikan keunikan tersendiri bagi pengunjungnya. Kuliner yang bisa kamu temukan antara lain gingerbread (kue atau suguhan manis yang terbuat dari bahan dasar jahe dan madu), mulled wine (wine yang dicampur dengan rempah-rempah), black pudding (sejenis sosis yang terbuat dari darah babi dengan lemak babi dan sapi), sauerkraut (potongan kubis yang telah difermentasi dengan rasa asam yang khas), dan berbagai makanan musim dingin khas Estonia lainnya.

1. Strassbourg, Prancis

Sumber: autoeurope.com

Strassbourg merupakan tempat terfavorit di Perancis untuk menikmati suasana Christmas market. Kota ini beberapa kali telah terpilih sebagai lokasi Christmas Market terbaik di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Kota yang berjuluk ‘Capitale de Noel’ ini telah memiliki tradisi Christmas market sejak tahun 1570 dan dipenuhi oleh pengunjung lokal serta dari berbagai negara lain di Eropa. Suasana kota tua Strassbourg yang bernuansa abad pertengahan, yang diwarnai dengan rumah-rumah timber, memberikan keindahan tersendiri bagi Christmas Market yang tentunya akan memberikan pengalaman yang tiada duanya. Christmas market di Strasbourg setiap tahunnya selalu dibuka oleh Presiden Perancis. Jika anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan penampilan dari artis-artis terkenal Prancis pada Christmas market terbesar di Perancis ini.

Bila kamu berencana untuk mengunjungi Eropa pada bulan Desember, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu Christmas Market terdekat dari kota tujuan kamu. Dan jangan lupa untuk menghubungi Buddy kami yaa di travelbuddy.id untuk menemani perjalanan kalian.

Afif Kindri Bahar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories