Site Loader
The Magical Aurora Borealis

Melihat aurora adalah impian dari banyak orang. Aurora Borealis atau northern lights muncul layaknya selendang besar yang menari-nari di langit utara. Tromsø adalah salah satu dari tempat terbaik untuk hunting aurora sekaligus menyaksikan fenomena alam ini dikarenakan letak geografis nya yang relatif tepat di ‘jalur’ aurora. Aurora merupakan fenomena alam hasil interaksi partikel hasil solar activity (matahari) dengan atmosphere di sekitar bumi bagian utara dan selatan. Umumnya warna aurora adalah hijau. Namun adakalanya, warna Aurora bisa berubah jadi ungu atau pink.

Kapan sih waktu yang oke?

Pada dasarnya, Aurora itu bisa terlihat pada kondisi yang gelap, tidak hujan, tidak banyak awan, tidak sedang turun salju, dan disaat cahaya bulan tidak terlalu terang. Jadi, waktu yang tepat untuk melihat aurora adalah musim dingin (Oktober – Maret). Berdasarkan pengalaman, aurora lebih mudah terlihat pada awal musim dingin (Oktober – November) dan akhir musim dingin (Februari – Maret). Kesempatan melihat Aurora pada bulan Desember – Januari sedikit lebih rendah di banding bulan lain pada musim dingin dikarenakan frekuensi turun salju yang lebih tinggi.

Apa aja yang perlu disiapkan?

  1. Kamera DSLR atau mirorless + extra batre (optional)
  2. Tripod – ini sangat penting mengingat memotret aurora memerlukan kondisi kamera yang stabil pada waktu yang lama
  3. Pakaian: Jaket tebal yang windproof/waterproof, lapisan dalam thermal/wool, sarung tangan, kupluk, sepatu boots untuk hiking.
Aurora yang terlihat dari pekarangan rumah di kota Tromsø

Aurora tour itu sifatnya optional saja karena aurora adalah fenomena alam yang lazim dan dapat terlihat di pulau Tromsø, even dari city centre (FYI kota Tromsø terletak di pulau yang bernama Tromsøya). Jadi, cukup lihat dari pekarangan belakang rumah atau datangi spot-spot yang cukup gelap misalnya pantai atau danau di sekitar pulau Tromsø, maka kita dapat melihat aurora dan menikmatinya . Sebagai short-time turis, kamu bisa sewa mobil dan pergi ke luar pulau Tromsø (contoh: Kvaløya, 30 menit menyetir dari pusat kota) untuk lebih optimal dalam melihat aurora dan untuk menghindari lampu-lampu kota. Jangan lupa install aplikasi untuk memantau aktivitas aurora (contoh: norwaylights) dan prakiraan cuaca (contoh: yr.no). Atau kamu juga bisa membaca post kami tentang cara pembuatan itinerary:

Good luck!

Tentang penulis: Amando Lasabuda adalah pelajar Indonesia yang bedomisili di kota Tromsø, Norwegia. Dengan latar belakang geologi, Amando senang meneliti sambil jalan-jalan menikmati indahnya alam Norwegia.

Tertarik untuk jalan bersama Amando? Klik disini melihat profilnya lebih lanjut

Travelbuddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories