Site Loader
Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona

Di tengah merebaknya penyebaran virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus, aktivitas traveling pun pasti jadi ikut terdampak.

Alhasil tanpa bisa dicegah, sebagian besar traveler pun memilih untuk membatalkan rencana perjalanannya.

Namun kira-kira, masih ada nggak, ya, orang-orang yang bakal tetap go ahead dengan rencananya?

Tentu saja ada! Dan nggak menutup kemungkinan, kamulah salah satunya.

Well, apa pun alasan kamu untuk tetap melanjutkan rencana liburanmu, kamu cuma perlu paham bahwa perjalananmu di tengah situasi sekarang mungkin akan mengalami banyak rintangan akibat kasus virus Corona ini. Jadi, kamu wajib waspada, guys!

Cuma jangan khawatir! Karena sebetulnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar traveling tetap aman dan nyaman di tengah wabah virus Corona ini. Yuk, langsung kita simak beberapa tips berikut!

1. Prepare and Pack More

Mengamati situasi dunia terkini akibat virus Corona, tentunya persiapan perjalanan kamu nggak bisa sama persis seperti yang sudah-sudah. You have to have backups for your backups, guys!

“Saya kira jika kamu hendak melakukan perjalanan—dan saya tidak menyebutnya sebagai ide yang buruk, saya pun ingin berlibur—saya pikir semua orang harus peka terhadap kemungkinan bahwa mereka bisa terjebak di suatu tempat dalam kurun waktu lebih panjang,” kata Crystal Watson, asisten profesor di Johns Hopkins Center for Health Security sebagaimana dikutip dari washingtonpost.com.

Yup! Agenda perjalanan kamu mungkin cuma butuh tiga hari sampai dua minggu. Tapi kalau sampai hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, otomatis kamu mungkin perlu tinggal lebih lama di tempat liburanmu!

Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu, you should prepare more. Siapkan logistik yang memadai selama perjalanan—makanan dan air minum, serta obat-obatan. Perkirakan jumlah uang yang harus kamu siapkan, plus akomodasi tambahan selama kamu liburan.

Buat jaga-jaga, kalau perlu, kamu bawa juga berkas-berkas pekerjaan kamu seandainya kamu memang terpaksa belum bisa pulang.

Kalau semuanya sudah kamu siapkan matang-matang, niscaya liburanmu akan bebas dari rasa khawatir dan waswas.

2. Jaga Kebersihan

Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona
Hindari kontak fisik dan rajin cuci tangan. (sumber foto: www.who.int)

Nggak di Indonesia nggak di mana-mana, selama traveling, jangan lupa untuk rajin cuci tangan terutama setelah memegang benda atau objek di tempat umum. Soalnya, beragam virus dan bakteri sebetulnya bisa menempel dan bertahan lama lewat permukaan benda-benda itu, lho!

Apabila kamu nggak rajin cuci tangan lalu nggak sengaja memegang wajah termasuk bagian mulut, hidung, atau mata, maka virus dan bakteri bisa lebih mudah masuk ke tubuhmu.

Jadi, rajin-rajinlah cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih, atau gunakan alcohol-based hand sanitizer kalau memang kamu sulit menemukan sabun dan air bersih.

3. Jaga Kesehatan

Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona
Sebaiknya, nggak usah ke mana-mana kalau kamu sakit. (sumber foto: www.who.int)

Konon kalau imunitas atau daya tahan tubuh kita baik, maka virus pun ogah menular ke tubuh kita, lho! Makanya, konsumsi vitamin dengan rutin dan pastikan istirahat serta tidurmu cukup di sela-sela liburan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu juga, ya.

Lalu, tak ada salahnya juga untuk rutin memeriksa kesehatan diri kamu, terutama temperatur badan. Bawa saja termometer buat traveling, supaya kamu bisa selalu memantau suhu tubuhmu.

Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona
Langsung periksakan diri ke dokter apabila kamu merasa nggak enak badan. (sumber foto: www.who.int)

Kalau badanmu mulai terasa nggak enak, segera periksakan diri ke dokter. Dan kalau kamu sedang sakit, batuk atau bersin, upayakan menggunakan masker supaya nggak menularkan penyakitmu ke orang lain.

Boleh juga, kalau kamu ngerasa lebih aman mengenakan masker wajah meski kamu nggak apa-apa. Tapi pastikan maskermu menutupi mulut dan hidung. Jangan sentuh masker terlalu sering dan segera buang masker sekali pakai setelah digunakan. Cuci juga tanganmu setelah melepas masker.

4. Hindari Keramaian dan Kontak Fisik

Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona
Kenakan masker kalau kamu batuk dan bersin-bersin. (sumber foto: www.who.int)

Sebisa mungkin selama kamu melakukan perjalanan, hindari tempat-tempat umum, kerumunan, dan tentunya, hindari orang-orang yang terlihat atau terbukti sedang sakit.

Selain itu, usahakan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain untuk mencegah penularan virus Corona ini, guys.

5. Waspada Kuliner

Agar Traveling Tetap Aman dan Nyaman di Tengah Wabah Virus Corona
Pastikan daging yang kamu konsumsi matang, ya! (sumber foto: www.who.int)

Sebagai salah satu aktivitas wajib kala traveling, kamu juga harus memerhatikan apa yang kamu konsumsi ketika kamu berwisata kuliner.

Salah satunya, pastikan daging yang kamu konsumsi telah dimasak sampai matang, dan hindari kontak dengan hewan-hewan yang sedang sakit.

6. Baca Info, Baca Berita

Terakhir dan tanpa bisa ditolak, merebaknya virus Corona juga bikin beberapa objek wisata ditutup untuk pengunjung. Seperti Louvre di Prancis atau Disney’s theme parks di Shanghai, Hong Kong, dan Tokyo. Karenanya, lebih baik kamu review agenda perjalanan kamu dan perbanyak info mengenai tempat-tempat yang sudah kamu masukkan ke daftar. Siapa tau, beberapa tempat yang kamu tuju lagi nggak buka untuk kunjungan.

Berkaitan dengan fenomena Corona, berbagai agenda acara atau festival yang memancing keramaian juga pasti ditunda atau dibatalkan. Sehingga, kamu pasti butuh alternatif agenda.

Tetaplah rajin baca berita supaya kamu tau kondisi terkini di destinasi liburanmu. Baca juga update dari pemerintah Indonesia yang berguna untuk keselamatan kamu dan rekan-rekan seperjalanan.

Nah, supaya agenda traveling di tengah situasi merebaknya virus Corona ini tetap aman dan nyaman, kamu bisa merencanakan perjalananmu bersama Buddy berpengalaman dari TravelBuddy.

Dengan bantuan mereka, kamu bisa menentukan tempat-tempat mana saja yang masih available dan aman untuk dikunjungi. Kamu pun bisa lebih memersiapkan diri.

Tentunya, bantuan dan informasi yang para Buddy tawarkan akan membuat rencanamu pergi traveling tetap aman dan nyaman.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung hubungi Buddy di sini!

Jeanett Verica

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Our Instagram

Unable to grab photos from Instagram.

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories