Site Loader
Pentingnya Konsultasi Pra-Perjalanan Sebelum Traveling

Dari semua persiapan yang selalu kamu lakukan sebelum traveling, kira-kira, berapa banyak nih di antara kamu yang sudah aware dengan konsultasi pra-perjalanan?

Yup! Ketika hendak melakukan perjalanan—terutama ke luar negeri—ada perlunya untuk kita melakukan konsultasi pra-perjalanan.

Well, tell me about this?

Ok! Jadi, konsultasi yang dimaksud di sini merupakan janji temu medis yang dijadwalkan sebelum kita berangkat melakukan perjalanan, entah untuk tujuan bisnis atau sekadar jalan-jalan.

Tujuannya apa, sih?

Sederhana aja, kok. Supaya kita bisa lebih sadar sama kondisi kesehatan kita, dan menentukan apakah kita membutuhkan perawatan tertentu sebelum keberangkatan.

Kita juga jadi lebih paham mengenai potensi bahaya kesehatan apa saja yang mungkin akan mengancam kita selama perjalanan.

Risiko Kesehatan

Pada dasarnya, ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang perlu kita waspadai jika ingin memastikan keselamatan selama perjalanan.

Misal, kalau kita punya penyakit kronis, kondisi autoimun, alergi terhadap hal-hal tertentu, kita wajib melakukan konsultasi pra-perjalanan.

Belum lagi kalau kita baru saja menjalani operasi atau rawat inap, kita juga perlu melakukan konsultasi pra-perjalanan.

Sepenting itu?

Iya. Nggak cuma itu, kita juga harus menyadari potensi risiko khusus terhadap kesehatan kita, berdasarkan negara tujuan kita.

Contohnya, ada risiko sindrom pernapasan Timur Tengah, malaria, Japanese ensefalitis, kolera, sampai tifoid, di belahan dunia tertentu.

Kita juga perlu sadar, bahwa mungkin aja kita bisa mengalami diare, jet lag, atau mabuk perjalanan, selama kita traveling. Nah, potensi-potensi inilah yang akan dinilai ketika kita melakukan konsultasi pra-perjalanan.

Dengan kata lain, konsultasi pra-perjalanan ini emang penting banget!

Oh iya, buat kita yang bakal jalan-jalan bareng bayi, anak-anak, dan orang tua, atau kalau kamu adalah perempuan hamil, maka konsultasi pra-perjalanan ini menjadi sangat penting.

Dengan melakukan konsultasi pra-perjalanan, selain kita bisa mendapatkan gambaran tentang risiko kesehatan di negara tujuan, kita pun akan mendapat penanganan yang tepat.

Berbekal informasi tentang riwayat penyakit atau kondisi kesehatan yang kita punya, biasanya, kita juga akan mendapatkan obat-obatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan.

Bagaimana Melakukan Konsultasi Pra-Perjalanan?

Untuk melakukan konsultasi, biasanya kita perlu bikin janji sama dokter umum atau dokter keluarga.

Untuk anak-anak bisa dibawa ke dokter anak, dan untuk perempuan hamil, bisa berkonsultasi dengan dokter kandungannya.

Semakin kita terbuka mengenai riwayat penyakit kita, kondisi kesehatan kita, dan gejala-gejala kesehatan yang sering kita alami, semakin efektif pula pastinya, persiapan yang diberikan oleh dokter.

Saking pentingnya, kita bahkan juga perlu menyampaikan hal-hal terkait perjalanan kita, mencakup jadwal keberangkatan, jadwal dan lama perjalanan, tujuan perjalanan, bahkan sampai kegiatan selama perjalanan. Misal, apakah kita akan melakukan olahraga ekstrem, menyelam, mendaki gunung, dan lain sebagainya.

Nggak jarang, kita pun harus berbagi info mengenai apakah kita akan melakukan wisata kuliner atau nggak, moda transportasi apa yang akan kita manfaatkan, akomodasi kita selama perjalanan—apakah hotel mewah atau budget hotel, dan lain-lain.

Semakin banyaknya informasi yang kita berikan, dokter pun akan semakin akurat memberikan kita persiapan.

Hal ini mencakup risiko kesehatan apa saja yang mungkin menimpa, lalu pencegahan apa yang harus diakukan untuk menghindarkan kita dari masalah kesehatan.

Kita juga akan diberikan panduan dan pedoman, bila kita sampai jatuh sakit di perjalanan nanti. Termasuk, bagaimana cara kita mendapat perawatan medis ketika berada di luar negeri.

Bila diperlukan, dokter akan memberi kita vaksin serta resep.

Pertanyaannya kemudian, apakah konsultasi ini bisa jadi jaminan?

Tentu saja, nggak selamanya demikian. Bagaimana pun, keselamatan kita pun akhirnya bergantung ke diri kita sendiri, dan kondisi-kondisi yang terjadi di negara tujuan kita nanti.

Apakah kita mau memerhatikan saran medis dan menjaga kesehatan selama perjalanan sesuai hasil rekomendasi dokter ketika konsultasi pra-perjalanan atau nggak.

Namun begini, guys! Kalau pun sampai terjadi apa-apa, kamu mungkin nggak perlu terlalu khawatir kalau kamu merencanakan perjalananmu bersama Buddy dari TravelBuddy.

Kenapa? Sebab, dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki Buddy, para Buddy tentu akan bisa memberi kamu informasi terbaik bila kamu memerlukan layanan kesehatan di luar negeri.

Yuk, segera rencanakan perjalananmu bersama TravelBuddy! Jangan lupa, lakukan konsultasi pra-perjalanan dulu, ya!

Jeanett Verica

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Our Instagram

Instagram did not return a 200.

Visit Our Website

travelbuddy.id

Archives

Categories